Anda di sini :Home » News »

FAQ Untuk Pemain Baru

06/19
  Hi Challengers! Baru saja bergabung di AOV? Mungkin kamu membutuhkan informasi di bawah ini karena itu juga informasi yang paling sering ditanyakan oleh Challengers AOV baru lainnya:
 
· Bagaimana supaya bisa lebih tepat ketika menargetkan sesuatu saat mau menyerang? 
Bagian penting untuk meningkatkan kemampuan bermainmu salah satunya ada pada pengaturan (settings) game. Silakan masuk ke -> Pengaturan -> Control -> Kunci Target. 
Setelah itu, ketika sedang bermain, aka nada dua tombol tambahan yang memungkinkan kamu untuk memilih menyerang Creep atau Tower.
 
· Apa saja batasan maksimal  dari Cooldown, Movement Speed, Life Steal, Attack Speed, Armor Pierce, Movement Speed Reduction yang dimiliki oleh hero? 
Cooldown = 40%
Movement Speed = 200%
Pengurangan Movement Speed = 100% (tapi tidak berada dibawah mininum movement speed dasar yaitu 120 movement speed)
Life Steal = 100%
Attack Speed = 200%
Armor Pierce = Tidak ada
 
· Aku memiliki terlalu banyak Gold ketika dalam akhir permainan (late game). Apa yang harus dilakukan?
Banyak pemain yang menyarankan untuk menjual sepatu (+movement speed) dan membeli item yang bisa menambah darah. Selain itu, kamu juga dapat menjual beberapa item murah dan membeli item lebih mahal yang memiliki fungsi yang cocok sesuai hero kamu. Ketika kamu sudah lebih terbiasa untuk memahami komposisi tim musuh, kamu juga dapat membeli item yang berguna untuk menangkal musuh.
 
· Hero mana yang sebaiknya aku mainkan?
Kami memiliki beragam hero untuk kamu pilih! Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika ingin memilih hero:
1. Bagaimana cara bermainmu? Suka dengan teamfight (pertempuran tim)? Atau menikmati ganking di jungle?
2. Cobalah menggunakan fitur pencari hero kami di menu utama -> Hero -> Rekomendasi, dari fitur ini, sistem akan memberikan saran hero yang cocok buatmu
3. Cobalah mode latihan di Kamp Pelatihan. Kamu bisa memilih semua hero secara gratis di dalamnya. Setelah mencobanya, kamu bisa lebih jelas mengenai hero mana yang ingin kamu gunakan atau beli berikutnya. 
 
· Role hero apa yang bisa saya mainkan?
Setiap pemain memiliki preferensinya masing-masing dan bergantung pada beberapa hal.
Apakah kamu ingin memberikan damage besar dalam waktu singkat dengan tingkat mobilitas yang tinggi? Coba Assassin
Apakah kamu bersedia menahan badan untuk teman tim dan menjadi baris depan dalam pertempuran tim? Coba Tank
Apakah kamu mau sekaligus memberikan damage dan juga kuat menerima damage? Coba Warrior
Apakah kamu mau memberikan damage magic besar dari jarak yang agak jauh? Coba Mage
Apakah kamu lebih senang menyembuhkan dan menolong teman tim? Coba Support
Apakah kamu mau memberikan physical DPS besar dari kejauhan? Coba Marksman
 
· Berapa banyak Gold yang didapatkan dari menghabiskan tower/Abyssal Dragon/Dark Slayer?
Tidak ada batas jumlah Gold yang pasti – Ini semua bergantung pada berapa lama waktu yang sudah berlangsung dalam match. Gold yang kamu dapatkan akan semakin banyak seiring waktu berjalan lebih lama
 
· Jika saya terus membeli item yang muncul di layar sesuai rekomendasi, apakah item akan dibeli berdasarkan urutan yang sudah aku gunakan/buat (kiri ke kanan)?
Benar, sistem akan membantumu untuk membeli item berdasarkan urutan dari kiri ke kanan dari items yang telah kamu pilih sebelum memulai sebuah match.
 
· Mengapa versi Asia Tenggara tidak memiliki sebagian hero yang ada di versi Eropa?
Asia Tenggara dan Eropa beroperasi secara terpisah sehingga memiliki jadwal perilisan hero, rotasi hero gratis dan event yang berbeda. Untuk segala pertanyaan mengenai versi Asia Tenggara, silakan langsung menghubungi Customer Support Garena.
 
· Apakah AOV selalu menambah hero dalam permainan?
Tentu saja! Supaya bisa terus menyeimbangkan hero-hero yang ada serta menambah keseruan baru, kami juga terus menambah hero baru ke Arena Antaris. Kami akan selalu memperlihatkan hero baru yang akan datang di akun resmi Facebook (http://facebook.com/garenaaovid/) dan Instagram (instagram.com/garenaaovid/) 
 
· Apa yang dimaksud dengan rotasi hero gratis?
Setiap minggu kami akan menempatkan 6 hero gratis untuk dicoba oleh semua pemain, ini adalah kesempatan untukmu mencoba hero tersebut sebelum memutuskan untuk membelinya. 
· Tim saya sedang diserang tetapi aku sedang membutuhkan Gold dan EXP. 
 
Mana yang lebih penting: membantu tim dalam pertempuran atau membersihkan semua creep untuk mendapatkan Gold dan EXP?
Secara keseluruhan, sebenarnya lebih penting untuk membantu pertempuran tim karena ini akan merubah dari 4v5 menjadi 5v5 dimana hal ini bisa saja menjadi kunci penentuan menang atau kalah. Sangatlah penting untuk secara efektif membersikan creep di jalurmu akan tetapi ketika teman tim membutuhkan bantuan, ingat untuk bantu mereka!
 
· Mengapa fitur Quick Chat penting dalam permainan? Bagaimana cara menggunakannya?
Quick Chat adalah fitur yang sangat penting saat bermain AOV, karena bisa membantu kamu berkomunikasi dengan tim secara cepat, dan saat bersamaan, kamu bisa memberi tahu posisi kamu berada. Tiga Quick Chat utama yang dimiliki antara lain:
Ikon Pedang = Serang
Ikon Perisai = Mundur
Ikon Bendera = Berkumpul
Ketiga Quick Chat tersebut bisa ditemukan di area kanan atas ketika dalam permainan. 
 
· Bagaimana aku bisa pin lokasi tertentu supaya teman tim bisa fokus pada suatu target? 
Perbesar minimap milikmu dengan menekan ikon kaca pembesar di sudut kiri atas, kemudian tekan di target yang kamu inginkan (baik berupa hero, tower, dan posisi lainnya). |Dengan begitu, semua anggota tim kamu akan mengetahui siapa yang harus bersama-sama kalian targetkan berikutnya. 
 
· Kapan dan seberapa sering monster beserta regen tower muncul? 
 
 
   · Mengapa teman tim marah ketika aku melakukan serangan terakhir pada Might Golem (Red Buff)?
Bila teman kamu mengguna hero tipe jungler dan sedang membutuhkan buff, maka tentunya mereka akan marah bila kamu “mencuri” buff tersebut dengan membunuhnya dengan serangan terakhir (last hit). Maka itu, pastikan kamu sudah koordinasi dengan tim mengenai siapa yang seharusnya mengambil buff tersebut. 
 
· Mengapa aku terus diserang tower?
Jika kamu menyerang hero musuh ketika berada di jarak serangan tower mereka, maka tower akan menargetkanmu. Pastikan kamu hanya menyerang creep atau hero musuh ketika berada di luar jarak serangan tower untuk mencegah hal ini terjadi. 
 
· Aku memiliki KDA (Kill, Death, Assists) yang tinggi! Mengapa tim aku masih kalah?
Bahkan jika kamu memiliki jumlah kill yang banyak dan jarang mati, kemenangan adalah mengenai kerja sama tim atau koordinasi. 
Kamu perlu mementingkan seberapa sering kamu melindungi temanmu bila kamu menggunakan tank, seberapa sering kamu membantu membunuh musuh ketika teman tank mu sudah maju, dan lain sebagainya. 
Perlu diingat, dalam bermain MOBA, kunci kemenangan selalu terletak di kerja sama tim. Bila kamu bisa mengkoordinasi dengan baik bersama tim, maka kamu bisa memenangkan match dengan mudah. 
 
· Mengapa HP aku mudah hilang?
Untuk secara efektif dapat bertahan di jalurmu dan mendapatkan Gold/EXP, kamu harus tahu bagaimana untuk menghindari serangan musuh sambil memberikan serangan milikmu. Biarkan creep (makhluk kecil yang muncul secara bergelombang dari markasmu) milikmu untuk melawan creep musuh sebelum kamu mulai memukul mereka. Jika tidak, mereka akan menargetkan dirimu. 
Untuk mempertahankan HP, pastikan kamu menggunakan regenerasi yang berada di samping tombol Recall (untuk kembali ke markas) atau regenerasi yang berada di belakang tower. Pastikan kamu tidak terkena serangan ketika berada dalam efek regenerasi jika tidak maka regenerasi akan berhenti. 
 
Ketika melawan musuh, perhatikan kemampuan apa yang mereka gunakan dan jaraknya sehingga kamu dapat menghindari kemampuan mereka ketika melakukan serangan milikmu kearah mereka atau creep (Gold/EXP). Khususnya ketika kamu tahu hero musuh memiliki kemampuan menangkap dan mereka akan mencoba menyerangmu, mencegahmu untuk lari ketika teman tim mereka mengepungmu. 
Memastikan kamu tidak kehilangan fokus sangatlah penting, khususnya jika kamu memiliki damage besar, kelas HP rendah (Mage, Assassin, Marksman), karena jika kamu mati berarti kamu tidak akan dapat memberikan damage.
 
· Mengapa aku harus membunuh naga (Abyssal Dragon) atau makhluk ungu besar (Dark Slayer)?
Membunuh mereka akan secara signifikan membantu tim secara keseluruhan untuk mendapat GOLD/EXP/Buff (Dark Slayer) yang diberikan mereka, akan tetapi kamu juga membutuhkan kerjasama tim untuk mengalahkan mereka. 
Jika ada temanmu yang mengajak membunuhnya bersama-sama, maka kamu bisa memilih untuk membantu. Waspadalah jika tim lawan mengetahui kamu sedang melakukan ini dan timmu sedang dalam posisi seimbang dengan mereka, kamu mungkin akan diserang di tengah pertarungan dengan salah satu monster ini. Jika kamu dapat mengalahkan salah satu monster ini maka akan sangat menguntungkan untuk seluruh tim.
 
· Mengapa aku terbunuh dengan mudah oleh lawan? Mereka sepertinya selalu bekerja sama membunuhku!
Salah satu alasan paling sering terbunuh adalah ketika kamu berada di luar jangauan tower kamu sendiri, dan diserang oleh musuh ketika kamu tidak siap/ sadar. 
Maka itu, kamu perlu selalu perhatikan minimap untuk mengetahui pergerakan musuh. Selain itu, perhatikan juga bila teman timmu sudah meminta kamu hati-hati, atau balik ke markas sendiri. 
Bila ingin aman, maka usahakan untuk berada di bawah tower kamu sendiri dan jauhi rerumputan bila kamu sedang sendirian biar tidak diserang dadakan. 
Terakhir, bila kamu menyerang musuh ketika berada di bawah tower mereka, maka kamu juga akan diserang towernya. 
 
· Apa itu rerumputan dan bagaimana saya menggunakannya?
Rerumputan hijau dapat membantumu untuk bersembunyi selama berada di area rerumputan tersebut. Harap diingat jika kamu menyerang seseorang dari rerumputan maka kamu akan terlihat di minimap. Begitu juga ketika ada hero lain di area rerumputan itu, mereka akan dapat melihatmu. Jika kamu keluar dari area rerumputan dan kembali ke dalamnya, musuh dapat melihatmu di minimap dan menyadari jika kamu berada di rerumputan, jadi gunakan dengan hati-hati.
 
· Apa saja atribut yang ditunjukkan untuk hero dan perlengkapan saya?
   
 
· Bagaimana cara saya menambahkan teman baru?
Pada menu utama, tekan ikon dengan gambar dua orang pada pojok kanan atas kemudian tekan tombol Cari Teman. Masukkan nama dalam permainan temanmu dan harus sama persis kemudian tekan cari. Jika pemain tersebut ditemukan kamu dapat mengirimkan permintaan untuk berteman (Tambah)
 
· Bagaimana cara saya mendapatkan lebih banyak hero untuk digunakan?
Di samping menggunakan Gold atau Voucher untuk mendapatkan hero baru, cara termudah dan paling efektif untuk meningkatkan daftar hero milikmu adalah melalui Road to Glory!
Road to Glory adalah misi harian mekanis yang akan memberikan hero gratis setiap kamu menyelesaikan 3 pertandingan. Hanya Quick Match atau Ranked Match yang diselesaikan secara normal (tanpa jumlah AFK yang berlebih) yang akan dihitung dalam misi ini.
 
· Bagaimana aku bisa mendapatkan Skin keren?
Skin adalah cara keren untuk membedakan hero milikmu dengan hero lawan dan tentunya bisa membantu kamu sedikit lebih banyak dalam mendapatkan gold! Oleh karena skin hanya dapat digunakan oleh hero yang sudah kamu miliki, hal utama yang perlu kamu miliki sebelum memiliki skin adalah:
1. Voucher
2. Miliki hero yang kamu inginkan skin-nya
Jika kamu tidak memiliki hero tersebut dan ingin membeli skin tersebut, sistem akan memintamu untuk pertama-tama membeli hero tersebut menggunakan Gold atau Voucher. Kami terkadang juga memiliki cara lain untuk mendapatkan skin seperti paket promosi hero dan Lucky Draw.
 
· Arcana seperti apa yang harus dibeli untuk hero aku?
Disarankan untuk membeli Arcana berdasarkan hero atau kelas yang paling sering kamu gunakan (Warrior, Assassin, Mage, dan seterusnya). 
Untuk melihat rekomendasi Arcana yang pasti, dari menu utama pergi ke Arcana -> Rekomendasi -> Ubah (pilih hero yang selalu kamu gunakan). Perubahan Arcana yang direkomendasikan akan berdasarkan dari level Arcana yang kamu pilih, jika kamu adalah pemain baru atau memiliki sedikit Gold, kami sangat merekomendasikan kamu melihat Level Arcana I atau II.
 
· Apa fungsi Gold, Gems dan Voucher? 
Gold: Digunakan untuk membeli Arcana and Hero. Kamu dapat menemukannya langsung di tombol Hero dan Arcana di menu utama.
Gems: Digunakan dalam Shop (Menu Utama -> Shop –> Gem Shop) untuk membeli Kristal (digunakan untuk Lucky Draw), Double EXP atau Double Gold atau Bonus Aktivitas (Menu Utama -> Bonus Aktivitas) dimana kamu dapat menukar Gems untuk Voucher setelah mencapai Poin Aktivitas.
Voucher:  Digunakan untuk membeli Hero, Skin, Kartu Rename, beberapa paket hero, Sonika (untuk mengirimkan pesan ke lobi game), Kristal (untuk Lucky Draw), Double EXP, Double Gold dan lainnya.
 
· Mengapa game ini memilih item untuk dibeli di tengah-tengah pertempuran? Bagaimana aku bisa mengubah ini?
Pada Arena of Valor, setiap hero yang kamu miliki punya urutan item yang dapat diubah dalam Armory. Untuk mengakses ini dari menu utama, pergi Item -> Equipment kemudian ubah hero yang ingin kamu ubah urutan itemnya.
Pada sisi kiri, kamu dapat memilih antara Attack, Magic, Defense, Movement and Jungling (untuk hero dengan talent Punish yang ingin fokus pada Jungling). Item dasar ada di sisi kiri, item lanjutan ada di tengah dan item terkuat ada di sisi kanan. Item lanjutan dan terkuat memerlukan kombinasi beberapa item dasar untuk dapat dibeli. Jika kamu ingin merubah urutan item maka kamu dapat menekan Ubah dan pindahkan item yang tidak kamu inginkan dan pilih item yang kamu inginkan dari daftar item di bawah.
Jika kamu bingung maka cara termudah untuk membuat urutan item adalah melalui pilihan Suggested dan cukup menekan Suggested atau Populer untuk urutan item milikmu.
i